Jumat, 26 Februari 2010

INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER

Pengertian Interaksi Manusia Kompter


Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan disain, implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi atau komputerisasi yang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya. Karena pada zama sekarang ini manusia sangat membutuhkan teknologi terutama dalam bidang computer maka dari itu adanya Interaksi Manusia dengan Komputer. Karena dengan computer manusia dapat melakukan tugasnya dengan baik.


Bidang Yang Terlibat Dalam IMK :


1. Teknik elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer

3. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah

4. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya

5. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

6. Psikologi
Memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna.

7. Ergonomik

kemampuan memahami konsep interaksi


Sejarah HCI (Human Computer Interaction )


Pada tahun 1700-an dan 1800-an orang mulai berpikir tentang computer digital. Sementara teknolgi baru ada atau tersedia pada tahun 1940-an dan 1950-an.

Penialian orang dari setiap peristiwa yang terjadi dari Pergeseran Paradigma adalah memahami di mana Anda datang dari dapat membantu banyak untuk mengetahui ke mana kau pergi. Pengetahuan tentang suatu daerah menyiratkan penghargaan terhadap sejarahnya.

Ada beberapa macam – macam tingkatan paradigma, diantaranya :

1. Cards,Tape -> VDU

2. Mainframe -> PC

3. Glass tty -> WIMP Interface

4. Commands -> Manipulasi Langsung

5. Manipulasi Langsung -> Agents

6. Visual -> Multimedia

7.Linear -> web-like

8. Desktop -> Ubiquitous,Mobile

9. Single User -> CSCW

10. Tujuan Penggunaan -> Situasi Penggunaan

Menurut Vannevar Bush (1945 Atlantic Monthly ) mengatakan Publikasi telah melewati batas jauh didalam kemampuan kita sekarang untuk membuat record yang dapat di gunakan dalam kehidupan nyata.

Selain itu Bush juga mempunyai pendapat lain, Bush mengatakan dengan dalil Perangkat Memex, yang menyebutkan bahwa suatu perangkat terbagi atas :

Dapat menyimpan semua catatan / articles / komunikasi
Memerlukan memory yang besar
Produk diambil oleh pengindeksan, kata kunci, referensi silang
Dapat membuat jejak link melalui materi, dll
Dibayangkan sebagai mikrofilm, bukan computer

J.R. Licklider (Pada tahun 1960) mendalilkan tentang hubungan simbiosis antara manusia dengan computer, pasangan otak manusia dan mesin komputasi atau mesin penghitung berhubungan erat dengan informasi yang merevolusi penanganan komputer.

J.R. Licklider juga menyatakan Tujuan atau visi nya menjadi 3 bagian, yaitu :
1. Immed,

waktu berbagi, alat elektronik I / O, interaktif sistem waktu real atau nyata, penyimpanan informasinya bersekala besar.
2. Intermed,

Pengenalan kombinasi suara, pengenalan karakter, editing cahaya

3. Long Term ( jangka panjang )

bahasa yang masih alami, pemakaian suara yang sewenang-wenang, Pemrograman heuristic, Komputer terlalu mahal untuk timesharing individual.

Pertengahan tahun 1960-an, komputer terlalu mahal bagi setiap individu untuk pembagian waktu, peningkatkan aksesbilitas, sistem interaktif, bukan pekerjaan yang mudah untuk mengolah teks, mengedit atau mengubah email dan bertukar sistem file.Semuanya membutuhkan HCI.

Ivan Sutherland (Pada tahun 1963) melakukan penulisan atau tesis di MIT. Hasil penulisannya atau penemuannya berupa Sketsa atau gambaran dan inilah beberapa karya sketsanya :

1. Hirarki – gambar dan sub gambar

2. Gamber asli dengan kejadian (ie,oop)

3. Kendala

4. Ikon

5. Penyalinan

6. Pena sebagai alat masukan

7. Operasi berulang


Unit Tampilan Video

- Media yang lebih pantas dibandingkan dengan sebuah kertas.

- Sutherland’s sketsa sebagai yang menonjol dari sistem.

- Komputer akan menggunakannya sebagai visualisasi dan manipulasi data.


Douglas Engelbart (pencipta mouse)

- Hal yang menonjol system/demo :

Hirarki hypertext, multimedia, mouse, tampilan resolusi tinggi, windows, penggunaan file secara bersamaan, pesan eletronik, teleconferencing

Alan Kay

- Dynabook

Komputer mini/laptop dilengkapi dengan multimedia dan dapat menyimpan banyak hal

Akses computer pribadi sebagai paradigma baru.

- Sistem lebih baik jika mudah digunakan

- Kecil, mesin hebat ditujukan untuk individu

- Penting untuk jaringan dan pembagian waktu

- Kay’s Dynabook, IBM PC

Pada tahun 1970-an, IBM membuat Personal Computing dengan perintah berbasis teks serta banyak dijual dibanyak unit. Pada pertengahan 1970-an Xerox PARC di keluarkan. ALTO adalah keluaran Xerox pertama yang mempunai speks prosesor lokal, bitmap layar, mouse, perkusor GUI modern, jendela, menu, scrollbars dan LAN – Ethernet.

Pada tahun 1981-an Xerox Star dikeluarkan.

-PC komersial pertama yang dirancang untuk "bisnis profesional" metafora desktop, menunjuk, WYSIWYG, konsistensi yang tinggi dan kesederhanaan

-sistem pertama yang didasarkan pada kegunaan rekayasa kertas prototyping dan analisis tentang
Kegunaan pengujian dan perbaikan iterative.

Xerox Star pernah mengalami kerugian atau kegagalan produk. Kerugiannya mencapai $ 15k, arsitektur tertutup, kunci kurang berfungsi.

Pada tahun 1982 munculah Aapple Lisa, yaitu generasi penerus dari Xerox Star. Ide pembuatannya dari Xerox Star dan mempunyai fitur unggulan diantaranya lebih mempunyai akses pribadi dibandingkan dengan menggunakan office tools, dan dengan harga yang cukup mahal $$$.

Pada tahun 1984 muncul generasi penerus yang lebih sempurna dari Apple Lisa (1982) yaitu Apple Macinthos. Apple macinthos mempunyai fitur yang lebih sempurna dari Apple Lisa yaitu tidak mudah error, lebih pintar cepat untuk mengakses data, tampilan yang baik disetiap panduan. Grafis berkualitas tinggi dan mempunyai Laser printer.

WIMP ( Windows, Icons, Menus, and Pointers ). WIMP dapat melakukan suatu kegiatan secara langsung, sudah dikenal diantara GUI interface. WIMP digunakan pada Xerox Alto, Star, dan awal mula Apples.

Metaphor semua yang digunakan adalah pemecahan masalah atau belajar batas tertentu untuk menghubungkan komputer dengan aktivitas dunia nyata merupakan suatu mekanisme pembelajaran efektif seperti manajemen file pada desktop kantor dan analisa keuangan sebagai spreadsheet.

Ben Shneiderman mengemukakan bahwa koin-koin akan mengeksplorasi pengertian tentang antarmuka (interface) memaipulasi langsung. Dia juga menempati posisi Direktur HCI Lab di Maryland dalam waktu yang lama. Selain itu, pada tahun 1982, Shneiderman menggambarkan suatu daya tarik berbasis interaksi grafis objek visibilitas, incremental aksi dan umpan balik yang cepat, kemampuan untuk mengeluarkan eksplorasi, merubah bahasa dengan suatu tindakan, serta ketepatan semua sintaksis tindakan-tindakan. Dia menggunakan WYSIWYG, Apple Mac untuk tesisnya.


Multimodality

Mode adalah sebuah saluran komunikasi manusia yang Bukan hanya indra, misalnya, pidato dan non-speech audio adalah dua mode Penekanan pada penggunaan simultan beberapa saluran untuk I / O

Ted Nelson

Mengatakan bahwa komputer dapat membantu orang, bukan hanya untuk berbisnis saja. Dia juga menciptakan istilah Hypertext. Hypertext adalah sebuah pemikiran tentang informasi bukan sebagai aliran linear akan tetapi hypertext merupakan suatu node yang saling koneksi atau berhubungan. Bush MEMEX, Nelson's hypertext, Non-linear struktur browsing, dan WWW '93

Nicholas Negroponte

arsitektur mesin MIT dan AI Group pada tahun 69 sampai awal tahun 80. Ide-ide nya yaitu dinding ukuran tampilan, video disk, AI pada antarmuka (agen), pengenalan bahasa, serta multimedia dengan hypertext.

Bahasa (Agen)

- Tindakan tidak selalu banyak mempengaruhi daripada kata-kata

- Antarmuka sebagai mediator atau agen

- Paradigma bahasa

CSCW

- Computer-Supported Cooperative Work, Lingkungan Kerja yang didukung oleh Komputer

- Sistem yang tidak lagi satu pengguna atau satu sistem

- Aspek mikro-sosial menentukan

- Email sebagai kesuksesan yang menonjol tapi aplikasi-aplikasi lain masih belum digunakan secara luas.


Berada di Beberapa Tempat Sekaligus

- Seseorang sudah tidak lagi menggunakan perangkat virtual tapi menumpang secara virtual, memiliki lingkungan yang kaya secara komputer

- Tidak dapat mengabaikan aspek makro-sosial

- Akhir tahun 1990 – PDA, VE,


Nama : FEBY KELVIANDARU

Kelas : 3IA07

NPM : 50407356

Minggu, 21 Februari 2010

Tanda-Tanda 100 Hari Mau Meninggal

Innalillahi wa innalillahi rojiun, datang dari Alloh dan akan kembali kepadaNya, semoga kita selalu menjadi orang - orang yang selalu mengingatNya dan beruntung serta saling mengingatkan.

Tanda 100 hari mau meninggal...

Ini adalah tanda pertama dari Allah SWT kepada hambanya dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakinya. Walau bagaimanapun semua orang Islam akan mendapat tanda ini cuma saja mereka sadar atau tidak.

Tanda ini akan berlaku lazimnya selepas waktu Asar. Seluruh tubuh iaitu dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan mengigil. Contohnya seperti daging lembu yang baru saja disembelih dimana jika diperhatikan dengan teliti, kita akan mendapati daging tersebut seakan-akan bergetar.

Tanda ini rasanya lezat dan bagi mereka yang sadar dan berdetik di hati bahwa mungkin ini adalah tanda mati, maka getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita sadar akan kehadiran tanda ini.

Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa sembarang manfaat.

Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda ini maka ini adalah peluang terbaik untuk memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa atau ditinggalkan sesudah mati.

"Tanda 40 hari sebelum hari mati"

Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Asar. Bahagian pusat kita akan berdenyut- denyut. Pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya di atas Arash Allah SWT. Maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya ke atas kita, antaranya ialah ia akan mula mengikuti kita sepanjang masa. Akan terjadi malaikat maut ini akan memperlihatkan wajahnya sekilas lalu dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan seakan- akan bingung seketika. Adapun malaikat maut ini wujudnya cuma seorang tetapi kuasanya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya.

"Tanda 7 hari"

Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan di mana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera untuk makan.

"Tanda 3 hari"

Pada ketika ini akan terasa denyutan di bahagian tengah dahi kita iaitu diantara dahi kanan dan kiri. Jika tanda ini dapat dikesan, maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti. Ketika ini juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan- lahan jatuh dan ini dapat dikesan jika kita melihatnya dari bahagian sisi. Telinganya akan layu dimana bagian ujungnya akan beransur-ansur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terlunjur akan perlahan- lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan.

"Tanda 1 hari"

Akan berlaku sesudah waktu Asar di mana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di kawasan ubun- ubun di mana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu Asar keesokan harinya.

"Tanda akhir"

Akan terjadi keadaan di mana kita akan merasakan sejuk di bagian pusat dan rasa itu akan turun ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bahagian halkum. Ketika ini hendaklah kita terus mengucap kalimah Syahadah dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikat maut untuk menjemput kita kembali kepada Allah SWT yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula.

Sesungguhnya mengingati mati itu adalah bijak...

ISTILAH DALAM KASKUS (KAMUS KASKUS)

KASKUSER:
Sebutan untuk user atau anggota yang sudah bergabung dan mendapat user-id dalam forum kaskus.

JURAGAN:
Bisa juga disingkar "GAN". Sebutan untuk sesama kaskuser, baik itu laki-laki atau perempuan. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati sesama kaskuser tanpa memandang jabatan, usia, karakter, dll.

PERTAMAX:
Sebutan untuk postingan atau komentar yang pertama kali dalam 1 thread, kata PERTAMAX merupakan plesetan kalimat dari PERTAMA.
(Sebetulnya tidak ada hal yang berkaitan dengan bahan bakar, namun pada kenyataannya MUNGKIN pertamax adalah barang langka yang mahal harganya)

JUNKER:
Sebutan untuk user yang posting atau berkomentar tanpa menyimak terlebih dahulu topik dari thread tersebut, dan tujuan utama hanya untuk meraih jumlah postingan terbanyak.

SARA:
Segala hal yang berkaitan dengan Suku Ras dan Agama.

BB17:
Kependekan dari buka-bukaan 17 tahun. Awalnya mengacu pada subforum khusus dewasa di Kaskus, namun kini lebih mengacu kepada semua thread/materi yang mengandung unsur pornografi.

IGO
Tidak lain adalah singkatan dari "INDONESIAN GIRLS ONLY", pada jaman dahulu kala, forum ini yang sangat banyak dikunjungi di Kaskus. Namun karena UU baru, maka forum dengan topik ini ditiadakan.

GRP:
Kependekan dari good reputation point.
Setiap Kaskuser dapat memberikan GRP pada Kaskuser lainnya bila telah posting sebanyak 2.000 post.
Kaskuser hanya dapat mengirim GRP satu kali setiap harinya.
GRP sering pula disebut “cendol” atau “ijo-ijo”.

BRP:
Kependekan dari bad reputation point.
Setiap Kaskuser dapat memberikan BRP pada Kaskuser lainnya bila telah posting sebanyak 2.000 post.
Kaskuser hanya dapat mengirim BRP satu kali setiap harinya.
BRP sering pula disebut “bata merah” atau “merah-merah”.

ISO 2000:
Jumlah postingan minimal dari kaskuser untuk dapat memberikan GRP ataupun BRP.

MAHO:
Kependekan dari “manusia homo.” Kata yang digunakan untuk mencela. (emoticon maho).

THREAD atau TRIT:
Halaman berisi suatu topik yang dibuat oleh seorang Kaskuser.

TS:
Singkatan dari user yang memulai sebuah thread, atau lebih lengkapnya "Thread Starter".

TKP:
Singkatan dari “tempat kejadian perkara”, digunakan untuk menggantikan kata pranala (link).

KULKAS:
Kata lain dari control panel, tempat untuk melihat jumlah BRP ataupun GRP yang telah diterima.

MOMOD:
Kependekan dari kata ‘Moderator’

MIMIN:
Kependekan dari kata ‘Administrator’.

ALAY:
Sebutan untuk seseorang yang berlebihan, dsb.

HOT THREAD atau HT atau HOT TRIT:
Thread terbaik pilihan user kaskus. Hal ini meliputi Rate, Reply dan View terbanyak. Setiap Hot Thread akan disertakan dihalaman muka pada website Kaskus dalam waktu yang tidak diketahui atau sebelum tergeser posisinya oleh Thread bagus lainnya.

Sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3304130