Rabu, 26 Mei 2010

Game CariKata Menggunakan J2ME

Nama : FEBY KELVIANDARU
Kelas: 4IA07
NPM : 50407356

PENDAHULUAN

Sampai saat ini, teknologi telah mencapai terobosan besar tentang media imajinasi yang saling terkait dengan interaksi. Game merupakan salah satu artefak abad 21 yang telah menghasilkan pemahaman besar tentang nilai spirit dalam sebuah daya interaktif buatan. Abad teknologi telah menciptakan peradaban terpenting dalam hidup manusia. Game saat ini, telah berkembang menjadi industri, struktur dagang dan infrastruktur produk yang dibayangi oleh upaya memenuhi hasrat persaingan dalam diri manusia (modern).

Dengan semakin berkembangnya teknologi, game pada saat ini tidak hanya dimainkan didalam komputer saja bahkan dimainkan diponsel juga bisa kita mainkannya. Teknologi komunikasi selular telah menciptakan sebuah perubahan besar dalam dunia komunikasi. Perkembangan yang pesat dari perangkat teknologi ini telah memungkinkan munculnya beragam fungsi baru selain fungsi utamanya sebagai sebuah alat komunikasi. Bahkan sekarang ini bermunculan ponsel yang menambahkan fitur-fitur tertentu didalamnya, baik itu berupa fitur perangkat keras (hardware) seperti kamera untuk mengambil gambar, memiliki fasilitas infrared ataupun bluetooth yang mendukung transfer data dalam jarak dekat. Sedangkan fitur yang berupa perangkat lunak (software) dapat kita lihat banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi dan game-game baru untuk digunakan di dalam ponsel.

Dikarenakan banyak sekali bermunculan aplikasi dan game baru pada ponsel maka JAVA mengeluarkan software untuk membuat game di ponsel. Software yang dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi permainan pada ponsel adalah J2ME sebagai pendukungnya. Software J2ME ini tidak hanya ditujukan untuk membuat aplikasi game, tetapi juga ditujukan untuk membuat berbagai program lainnya yang bermanfaat khususnya ponsel berbasis Java.

Keberagaman jenis perangkat komunikasi selular telah mengakibatkan munculnya berbagai macam platform sehingga memunculkan permasalahan bagi pengembang aplikasi. Hal tersebut memunculkan kebutuhan akan adanya suatu platform yang mampu berjalan pada berbagai jenis perangkat komunikasi mobile. Dalam kaitan itulah kemudian muncul J2ME (Java 2 Micro Edition) yang memungkinkan dilakukannya hal tersebut, tentunya selama perangkat-perangkat tersebut mengimplementasikan teknologi Java.


PENGENLAN J2ME

Java 2 Microedition (J2ME) merupakan subset dari bahasa pemrograman Java versi 2 yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embedded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan Java 2 Standard Edition (J2SE). J2ME sangat berguna untuk membangun sebuah aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpan yang terbatas, serta kemampuan user interface yang terbatas seperti pada perangkat komunikasi bergerak berupa handphone, PDA, dan sebagainya. J2ME terdiri atas komponen-komponen sebagai berikut:


BATASAN MASALAH

Permasalahan dibatasi pada proses pembuatan dan pengoperasian game Cari Kata. Didalam permainan Cari Kata itu terdapat huruf-huruf yang tersusun secara acak yang terdiri dari 11 baris, 13 kolom dan 10 kata yang akan kita cari. Cara bermainnya, jadi pemain tinggal memilih tombol up, right, down dan left pada ponsel untuk memilih kata-kata yang cocok, pemain hanya mencari 10 kata yang tersusun secara kombinasi kemudian mencocokannya dengan kata yang sudah tersedia dilayar tampilan game. Jika kata-katanya sudah cocok kemudi an pilih tombol select maka satu kata akan terbentuk. Pada permainan Cari Kata ini, tidak ada batas waktu untuk memainkannya tetapi ketika game Cari Kata tersebut sudah selesai dimainkan dalam arti, kata-kata tersebut sudah terjawab semua maka game ini akan memulai permainan baru lagi tetapi dengan kata yang berbeda dan apabila pemain sudah kewalahan memainkan permainnanya karena tidak menemukan kata-kata yang tepat, maka penulis memberi kemudahan dengan memberikan pemecahan masalah yaitu adanya tombol Solve atau tombol pembantu untuk memecahkan kata-kata tersebut. Jadi pemain tinggal m emilih tombol tersebut dengan secara otomatis permaianan Cari Kata ini akan membentuk suatau kata yang telah dipilih secara acak. Pada permainan ini juga tidak ada tampilan nilai tertinggi yang diperoleh pemain. Dalam pembuatan permainan Cari Kata ini penulis menggunakan software J2ME yang berjalan pada Sistem Operasi Windows.


SPESIFIKSAI

Adapun pada penulisan ilmiah ini diperlukan beberapa kebutuhan akan beberapa hal sebagai berikut :

a. Hardware yang mendukung pembuatan aplikasi yaitu dengan spesifikasi:

Handphone warna, Sistem operasi Java, Memori minimal 5 MB, GPRS, Prosesor Intel Pentium IV 1 GHz, Monitor, Memori SDRAM 256 MB, Hardisk 50 GB, Keyboard dan Mouse .

b. Software yang mendukung pembuatan aplikasi yaitu berupa:

Microsoft XP , Jdk versi 1.6, Text editor berupa Notepad++, Java 2 Micro Edition, Wir eless Toolkit 2.5.2


GAMBARAN UMUM APLIKASI

Dikarenakan banyak sekali game-game baru bermunculan maka penulis mencoba membuat aplikasi game pada ponel yaitu game Cari Kata. Game Cari Kata ini merupakan game ketangk

asan yang memerlukan kesabaran, ketelitian untuk memainkannya. Penulis membuat game ini karena pada game ini memiliki ketangkasan, kesabaran dan ketelitian untuk memainkannya dan pada game Cari Kata ini penulis mengembangkannya kata-katanya menggunakan bahasa Inggris didalam permainannya. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sedang digalakan oleh pemerintah, dengan pembuatan game ini penulis mencoba berpartisipasi dalam program pemerintah yaitu menggalakan bahasa Internasional terutama bahasa Inggris kepada masyarakat luas terutama anak-anak yang sedang belajar bahasa Inggris.


CARA BERMAIN


Didalam permainan Cari Kata itu terdapat huruf-huruf yang tersusun secara acak yang terdiri dari 11 baris, 13 kolom dan 10 kata yang akan kita cari. Cara bermainnya, jadi pemain tinggal memilih tombol up, right, down dan left pada ponsel untuk memilih kata-kata yang cocok, pemain hanya mencari 10 kata yang tersusun secara kombinasi kemudian mencocokannya dengan kata yang sudah tersedia dilayar tampilan game. Jika kata-katanya sudah cocok kemudian pilih tombol select maka satu kata akan terbentuk. Pada permainan Cari Kata ini, tidak ada batas waktu untuk memainkannya tetapi ketika game Cari Kata tersebut sudah selesai dimainkan dalam arti, kata-kata tersebut sudah terjawab semua maka game ini akan memulai permainan baru lagi tetapi dengan kata yang berbeda dan apabila pemain sudah kewalahan memainkan permainnanya karena tidak menemukan kata-kata yang tepat, maka penulis memberi kemudahan dengan memberikan pemecahan masalah yaitu adanya tombol Solve atau tombol pembantu untuk memecahkan kata-kata tersebut. Jadi pemain tinggal memilih tombol tersebut dengan secara otomatis permaianan Cari Kata ini akan membentuk suatau kata yang telah dipilih secara acak.


Tampilan pada J2ME




Tidak ada komentar:

Posting Komentar