Kamis, 03 Maret 2011

PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.















Weeww...Keren gambarnya mirip “Lampu” . Menurut saya, dialah ide pertama dari teknologi canggih yang ada sekarang ini. Jadi, apa hubungannya dengan komputasi modern?

Alat komputasi paling kuno adalah kertas, potlot dan karet penghapus. dari ketiga benda tersebut, orang melakukan proses-proses komputasi yang mudah hingga yang rumit dengan tiga benda “sederhana”. akan tetapi, dengan munculnya alat-alat komputasi yang tersusun dari komponen-komponen elektro; seperti kalkulator dan teman2nya, hal-hal komputasi yang rumit akan menjadi lebih “sederhana”.

saya cuma mau berbagi sedikit info tentang satu mesin komputasi yang sangat populer saat ini, komputer. kenapa saya malah bahas komputer? knp bukan komputasinya? jawabannya adalah : saya tidak akan membahas teori, rumus dan semacamnya.Toh di wikipedia juga ada, hehehehe.

Setahu saya, kalkulator itu sendiri adalah komputer paling sederhana, karena hanya diprogram untuk melakukan proses-proses perhitungan. sekarang pun kalkulator hanya sebatas melakukan perhitungan, walaupun ada yang telah ditambah fasilitas penyimpanan dan fitur pengingat jadwal (notes) serta fitur-fitur lainnya.

Setelah kita telusuri kalkulator, sekarang kita melompat jauh ke robot. muncul pertanyaan lagi, kenapa robot? Weeew, robot itu adalah benda yang dibuat dengan penuh perhitungan dan sangat matematis. dari fungsi, sudut pergerakan, rumit deh! dan pemrograman dari si robot gak akan terlepas dari benda yang namanya komputer dan proses komputasi. Robot menyerupai manusia? berarti tubuh kita ini adalah tumpukan fungsi matematis yang sangat kompleks? Bisa membantu pekerjaan yg dikerjakan oleh manusia.?

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar